Google Basic


Saat anda menggunakan komputer Anda dan melakukan pencarian dengan menggunakan Google, Anda akan mendapatkan sajian daftar hasil pencarian dari hampir semua web di seluruh dunia. Bagaimana cara Google menemukan halaman web yang sesuai dengan query Anda, dan menentukan dasar pengurutan dari hasil pencarian?

Google WebSpider

Google WebSpider

Anda bisa membayangkan aktifitas mencari sesuatu di search engine google seperti mencari sebuah informasi di buku kamus yang sangat besar dengan indeks yang sangat luar biasa yang memberitahu Anda dengan tepat di mana segala yang Anda perlukan berada. Ketika Anda melakukan pencarian dengan Google, program pencarian yg terdapat pada Google akan memeriksa indeksnya untuk menentukan hasil pencarian yang paling relevan dengan permintaan Anda dan akan mengembalikan hasilnya kepada Anda.
Tiga proses kunci dalam kegiatan pencarian Google:

Crawling

Crawling adalah sebuah proses dimana Googlebot melakukan pencarian halaman baru atau update dari sebuah halaman dan mencatatnya ke dalam indeks Google.
Google menggunakan seperangkat komputer besar untuk melakukan Crawling terhadap miliaran halaman di web. Program yang bertanggung jawab dalam hal adalah Googlebot (juga dikenal sebagai robot, bot, atau spider). Googlebot menggunakan proses algoritmik sebagai berikut: Googlebot menentukan situs mana yang akan di crawl, seberapa sering, dan berapa banyak halaman yang akan diindex dari setiap situs.
Proses Crawling pada google dimulai dari sebuah daftar URL Situs hasil dari proses Crawling sebelumnya, ditambah peta situs yg disediakan oleh webmaster. Saat Googlebot mengunjungi setiap halaman pada situs tersebut, ia juga mendeteksi link-link yang ada pada halaman tersebut dan menambahkannya pada daftar yang akan digunakan untuk proses crawling selanjutnya. Situs baru, perubahan pada situs aktif, atau link-link yang mati pun akan dicatat dan ditambahkan pada Google Index.
Google tidak menawarkan jasa apapun untuk melakukan permintaan crawling halaman situs manapun untuk menjaga objektivitasnya. Google secara jelas memisahkan layanan search engine ini dengan pendapatan Google yg didapat dari Google Adwords.

Indexing

Googlebot memproses setiap halaman yang di”crawl”nya untuk mendapatkan index lengkap dari setiap kata yang didapatkan dari situs tersebut dan lokasinya pada halaman. Selain itu Googlebot juga memproses informasi yang tertulis pada tag, seperti Title Tag dan ALT attributes. Googlebot dapat memproses banyak hal, namun tidak semua, content types. Sebagai contoh, Googlebot tidak dapat memproses files yang tergolong rich media atau halaman dinamis.

Serving Result

Saat user meng-input sebuah query, google search engine akan mencari halaman-halaman yang cocok dengan query tersebut pada index yang ada dan mengembalikan hasil yang paling relevan kepada user sebagai hasil query. Relevansi di tentukan oleh lebih dari 200 faktor, salah satunya adalah PageRank . PageRank adalah skala seberapa pentingnya sebuah halaman dilihat dari seberapa banyak link yang masuk dari halaman lain. Secara sederhana, setiap ada link tambahan ke halaman tersebut dari situs lain, maka PageRank halaman tersebut akan bertambah. Tidak semua link digunakan. Google bekerja extra keras meningkatkan user experiencenya untuk mengidentifikasi link-link yang bersifat spam atau praktek-praktek lainnya berefek negatif terhadap objektifitas hasil pencarian. Bentuk link terbaik adalah link yang diberikan dikarenakan kualitas konten yang Anda bahas pada halaman Anda.
Agar situs Anda tetap mendapatkan peringkat PageRank yang baik pada hasil pencarian, sangat penting untuk memastikan bahwa Google dapat meng”Crawl” dan meng-index Situs Anda secara optimal. WebMaster GuideLine yang disediakan oleh Google membahas beberapa teknik terbaik yang bisa menolong Anda menghindari kesalahan-kesalahan umum dalam meningkatkan peringkat situs Anda.
Google Related Searches, Spelling Suggestion dan Google Suggest Features didesain untuk menolong user mempersingkat waktu dengan menunjukkan istilah-istilah terkait, kesalahan eja, dan query-query yang populer. Seperti yang terdapat pada Google.com Search Result, kata kunci yang digunakan oleh feature ini ternyata digenerate secara otomatis oleh google web crawlers dan algoritma pencarian. Google menampilkan saran-saran tersebut hanya bila dianggap dapat menghemat waktu user. Jika peringkat sebuah situs dikatakan baik untuk sebuah kata kunci, hal itu dikarenakan google sudah menentukan secara algoritmik bahwa content situs tersebut sangat relevan terhadap query user yang menggunaka kata kunci tersebut.

diterjemahkan secara bebas dari :

http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=70897

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: